Curriculum Development

Curriculum Mapping

INTEGRASI KURIKULUM NASIONAL DAN CAMBRIDGE
CURRICULUM PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS

Ada beberapa frame tentang integrasi kurikulum. Diem (1996) menyatakan bahwa integrasi kurikulum berbentuk pembelajaran paralel (pengajaran yang berkaitan dengan bidang studi yang serupa) atau campuran (menggunakan unit tematik yang diatur secara terpusat). Proses ini dilakukan untuk melengkapi atau memperbaiki kurikulum yang sudah ada (Kysilka, 1998). Dengan demikian, kekurangan yang ada di Kurikulum Nasional akan dilengkapi oleh kurikulum Cambridge dan begitu pula sebaliknya. Pengintegrasian kurikulum dapat dilakukan dengan beberapa model, yaitu fragmented model, connected model, nested model, sequenced model, shared model, webbed model, threaded model, integrated model, immersed model dan networked model (Forgarty, 1991)

Model integrasi yang sesuai dengan pengintegrasian Kurikulum Nasional dan Kurikulum Cambridge dalam pelajaran bahasa Inggris adalah nested model. Nested model adalah model integrasi kurikulum yang mentargetkan penguasaan keterampilan sosial, keterampilan berpikir, dan kemampuan memahami materi dalam pelajaran tertentu. Dalam pelajaran tersebut, keterampilan yang diintegrasikan adalah reading, writing, speaking, dan listening.

Contoh : Tabel  Hasil Integrasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Cambridge

Mapel Bahasa Inggris

Kompetensi Inti

Kompetensi Dasar

Kurikulum Cambridge

3. Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni,
3.2 Memahami tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis, untuk
penyebutan jati diri, dengan sangat pendek dan sederhana.
3.3 Memahami tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks lisan dan tulis untuk
Lisan (Listening)
Understand, with little or no
support, the main points in
extended talk on a wide range of
general and curricular topics
Understand, with little or no
support, most specific information
in extended talk on a wide range
of general and curricular topics
Tulis(reading)
Understand the main points in

Kesimpulan
Integrasi kurikulum merupakan upaya mengembangkan kurikulum yang lebih baik, khususnya pada mapel bahasa Inggris. Pada pelajaran tersebut, kurikulum Cambride menggunakan pendekatan keterampilan berbahasa. Pada K13, pendekatan yang diterapkan adalah kompetensi berbahasa yang mencakup kompetensi gramatikal, kompetensi sosial, dan kompetensi komunikatif. Model integrasi yang sesuai dengan pengintegrasian keduanya adalah nested model. Model tersebut mengintegrasikan empat keterampilan reading, writing, speaking, dan listening di kurikulum  Cambridge dalam Kompetensi Dasar K13.

Sumber : Hilmia Wardani, Fajar Dwi Nugroho

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *